Syaamil Al-Qur’an Terjemah Per-Kata Membantu Memahami Al-Quran Lebih Baik



Koleksi pribadi


Dulu waktu saya masih kuliah, saya senang sekali ketika bisa membeli Al-Quran mini. Soalnya Al-Quran itu bisa dimasukkan ke dalam tas tanpa memakan banyak tempat, bobotnya ringan, bahkan bisa pula dimasukkan dalam saku. Al-Quran model seperti itu memang cocok untuk mahasiswa. Praktis dibawa ke mana-mana, entah waktu kuliah, acara kampus, acara organisasi, ke majlis taklim, dan lain-lain. Tapi sayangnya Al-Quran mini tidak ada terjemahnya (ya iyalah.. kalau ada terjemahnya mungkin nggak cukup dimasukin saku :) ).
 
Kemudian Al-Quran mini itu mulai bergeser keberadaannya ketika saya menikah. Karena, waktu menikah suami saya menyerahkan mahar yang salah satu isinya adalah: Al-Quran. Al-Quran itu besarnya seukuran kertas A4, dan ada terjemahnya per-kata. Al-Quran itu judulnya: "Syaamil Al-Qur’an Terjemah Per-Kata Type Hijaz"

Waw, syukur alhamdulillah saya mendapatkan Al-Quran itu dari belahan jiwa saya. Karena memang sebelumnya saya belum mempunyai Al-Quran dengan varian seperti itu. Sebelumnya selain Al-Quran mini saya juga mempunyai Al-Quran terjemah, namun tidak per-kata. Al-Quran Terjemah Per-Kata ini ditulis dengan cara mencantumkan arti setiap kata dalam Al-Quran (dalam bahasa Indonesia), dan diletakkan tepat di bawah kata tersebut. Fisik dari Al-Quran ini berukuran besar (ukuran A4), kavernya hardcover dengan ilustrasi yang adem, kualitas kertas bagus, dan tulisannya jelas. Alhamdulillah, saya suka! 


Dengan arti per-kata plus terjemah secara keseluruhan (koleksi pribadi)


Dengan arti tiap kata tersebut, tentu saja menambah pengetahuan saya akan arti bahasa Al-Quran. Saya bisa belajar untuk menguasai bahasa Al-Quran, ayat demi ayat. Sehingga dengan mengetahui artinya, insya Allah lebih mudah memahami Al-Quran, yang akan mempengaruhi pengamalan isinya pula. 

Selain arti per-kata yang sangat membantu, saya suka Al-Quran ini karena di bagian belakang mushaf terdapat Klasifikasi Ayat-ayat Al-Quran. Jadi pada beberapa halaman tersebut terdapat semacam indeks ayat-ayat Al-Quran berdasarkan klasifikasinya. Misal pada BAB I termuat klasifikasi “Sekitar Arkanul Islam”, maka pada bab ini terdapat deretan ayat-ayat tentang rukun Islam. Sehingga memudahkan saya jika ingin mencari ayat-ayat tersebut. Saya seringkali membutuhkannya ketika teringat akan suatu hal, atau ingin membuat artikel, dan membutuhkan referensi dalam Al-Quran. Maka saya terlebih dulu akan mencarinya pada halaman-halaman tersebut. 


Klasifikasi ayat-ayat Al-Quran (koleksi pribadi)


Dan seperti Al-Quran dari Syaamil yang lainnya, tulisan dari mushaf ini sangat jelas dan ramah dengan mata, sehingga saya betah jika sedang mengaji. Selain konten di atas, konten lengkap dari Syaamil Al-Qur’an Terjemah Per-Kata ini adalah sebagai berikut: 
  1. Khat Rasm Usmani. Mushaf ini menggunakan khat yang tipis dan lancip sehingga nyaman ketika membacanya. Dengan penulisan yang stabil dan jelas, sehingga tidak akan melelahkan mata. 
  2. Standard Kementerian Agama RI. Mushaf yang mengacu kepada standar penulisan Kementerian Agama RI. 
  3. Tashih Kementerian Agama RI. Produk ini telah diperiksa dengan teliti oleh pihak lajnah pentashihan Mushaf Al-Qur’an Kementerian Agama RI, dengan mengeluarkan surat tashih sesuai peruntukannya. 
  4. Pedoman Transliterasi Arab-Latin. Cara mudah membaca huruf arab ke huruf latin (ejaan Indonesia) yang memudahkan dalam belajar membaca Al-Qur’an terutama yang belum mengenal huruf Arab. 
  5. Ayat Pojok. Mushaf ini disusun dengan 15 baris, dengan penggalan akhir ayat yang setiap halamannya diakhiri ayat-ayat pojok, yang biasa digunakan sebagai standard untuk menghafal Al-Qur’an. 
  6. Terjemah Per-Kata. Al-Quran ini disusun dengan cara mencantumkan arti setiap kata dalam Al-Quran (dalam bahasa Indonesia), dan diletakkan tepat di bawah kata tersebut 
  7. Terjemah Kementerian Agama RI + FootnoteTerjemah terbaru dari kementerian agama RI. Diletakan disamping terjemah tafsir Per kata, dengan sizing yang disesusikan dengan penambahan materi intisari ayat. Dilengkapi dengan footnote sebagai penjelasan lanjutan atas terjemah yang membutuhkan penjelasan tambahan. 
  8. Doa Khatam. Doa khatam Al-Qur’an tidak menggunakan konsep per kata, tetapi biarkan sempurna tanpa ada pemenggalan dan terkumpul dalam satu halaman. 
  9. Daftar Nama Surah. Daftar nama surah, dibuat dalam 2 halaman yang berhadapan. Pengurutan daftar surah untuk mempermudah pencarian halaman surat terkait. 
  10. Tanda-tanda Baca Khusus Dalam Al-Qur’an. Sebuah susunan materi yang menjelaskan tentang beberapa tanda-tanda baca yang tidak lazim dalam pembacaan Al-Qur’an, yang dilengkapi dengan keterangan ayat dan surat terkait serta dilengkapi pula dengan tanda-tanda waqaf (berhenti) dan cara praktis menghentikan bacaan Al-Qur’an. 
  11. Klasifikasi Ayat-ayat Al-Quran. Sebuah pengklasifikasian dalam Al-Quran berdasarkan temanya. Memudahkan pencarian ayat-ayat dalam Al-Quran berdasarkan tema yang diinginkan. 

Al-Quran produk dari Syaamil memang selalu saya suka karena modelnya bagus, elegan, dan berkualitas. Al-Quran mini yang menemani saya kuliah dulu juga produk dari Syaamil. Al-Quran milik suami saya juga dari Syaamil (yang ada kaver tertutupnya dengan retsleting). Kemudian, insya Allah sebentar lagi saya juga akan menerima Al-Quran khusus untuk muslimah dari Syaamil, yaitu Azalia Hishna. Karena beberapa waktu yang lalu saya menjadi salah satu pemenang Lomba Menulis Flash Fiction Anak #AyoNgajiTiapHari dengan hadiah Al-Quran tersebut. Alhamdulillah. 

Bagi teman-teman yang belum tahu tentang Syaamil Quran, bisa mengunjungi website resmi Syaamil Quran. Dan jika ingin memesan salah satu produknya, bisa melalui alamat berikut ini: 

PT. SYGMA EXAMEDIA ARKANLEEMA 
Jln. Babakan Sari 1 No.71, Kiara Condong Bandung 40283, Jawa Barat. 
Telp. 022 720 8298 – Fax. 022 87240636 
Pusat: 0857 93344 911. 

Atau bila ingin lebih tahu lengkapnya (beserta alamat cabangnya) bisa dilihat di sini.


Tulisan ini diikutsertakan dalam

(tema ketujuh)



5 comments

  1. Alquran yg diproduksi Syaamil Quran beragam jenisnya..mulai dari versi kitab hingga versi digital..semuanya memiliki kelenihsn dsn keunggulan.. Terlepas dari itu memiliki Alquran bagus ttp jarang dibaca tak akan memberi faedah dan menfatangkan pahala.. Semoga dgn Syaamil Alqutan yg kita miliki dgn berbagai konten unggulan dpt mengajak kita agar lebih giat beribadah.. Selamat ngontes semoga sukses...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak.. itu betul sekali. Semoga saya pribadi bisa memanfaatkan Al-Quran milik saya dengan sebaik-baiknya, untuk beribadah lebih baik kepada Allah SWT. Aamiin..
      Semoga kesuksesan juga untuk mbak Rita :)

      Delete
  2. Al Quran Indonesia seperti Syaamil Al Quran dalam file word (docx)
    alamat download

    http://alquranindonesiaword.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.